Ads 970 x 90

7 Tips Tingkatkan Kinerja Smartphone Tanpa Rooting

 Tingkatkan Kinerja Smartphone Tanpa Rooting
Taukah Anda jika smartphone yang Anda gunakan sekarang bisa lebih di maksimalkan kinerja / perfomanya dari bawaan pabriknya? Jika pada PC kita mengenal istilah overlock maka di smartphone ada cara serupa yang dinamakan Rooting.

Keuntungan rooting smartphone

Seperti yang kita ketahui dengan melakukan rooting, kinerja  smartphone Anda bisa menjadi lebih meningkat. Selain itu dengan rooting kapasitas smartphone Anda lebih besar dan kita bebas membuang program bawaan pabrik yang dianggap tidak perlu. Keuntungan lainnya yaitu smartphone Anda sanggup menjalankan beberapa aplikasi yang hanya mampu berproses pada perangkat rooted.

Kelemahan rooting smartphone

Dalam beberapa kasus, dan pengalaman adik saya saat melakukan rooting handphone menjadi blank disebabkan karena kegagalan rooting. Selain kegagalan rooting yang disebabkan tingkat kesulitannya, sebagian orang menyayangkan garansi pabrikan yang akan hangus akibat rooting. Gerai resmi produsen smartphone seperti samsung, asus, lenovo, oppo dll tidak menerima garansi handphone yang telah di root. Sisanya sebagian orang merasa rooting bukanlah sesuatu yang menarik untuk dilakukan.

Cara optimasi Android tanpa rooting

Pada posting kali ini, saya akan membahas cara melakukan optimasi Android tanpa melakukan rooting. Cara ini saya rasa merupakan yang paling cepat dan mudah bagi Anda untuk dilakukan.

1. Lakukan restart smartphone dengan cara berkala

Dengan melakukan restart Android Anda maka secara otomatis akan menghapus cache aplikasi atau data bekas aktivitas online. Smartphone yang baru dihidupkan akan terasa lebih cepat dan tidak mudah ngelag, walaupun Anda meng-install banyak aplikasi.

2. Install aplikasi sesuai spesifikasi

Perhatikan kapasitas dan spesifikasi smartphone Anda, biasanya terletak pada menu "setting" kemudian "about phone". Memperhatikan hal tersebut, Anda dapat lebih bijak menginstall aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi smartphone. Memaksakan menginstall aplikasi yang tidak sesuai spesifikasi android hanya akan menimbulkan bug di smartphone Anda.

3. Always update OS Android

Luangkan waktu beberapa menit untuk selalu mengupdate OS Android atau ROM yang disiapkan oleh pabrikan. Update OS serta ROM Android dapat memberi banyak pembaruan yang bikin meningkatnya kinerja smartphone tambah baik dan stabil.

4. Jangan  instal terlampau banyak aplikasi

Ingat, Anda bukan kolektor aplikasi android. Makin banyak aplikasi yang terinstall, secara otomatis akan ada banyak memori yang digunakan dan pada akhirnya membuat kinerja smartphone semakin lambat. Oleh karenanya, senantiasa gunakan aplikasi yang betul-betul Anda perlukan saja serta hapus aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan.

5. Hindari duplikat aplikasi

Yang saya maksud dari duplikat bukan berarti copy paste, namun lebih ke fungsi dari aplikasi Android. Sebagai contoh, jangan install operamini, ucbrowser, chrome, baidu, safari, dolpin dan aplikasi browser lain dalam satu smartphone. Nah, daripada menambah aplikasi sejenis  yang membebani smartphone sehingga berbuntut pada turunnya performa, lebih baik menghapus aplikasi sejenis.

6. Disable aplikasi yang jarang digunakan

Apabila Anda belum rela menghapus aplikasi yang tidak sering digunakan, Anda dapat mengambil cara yakni dengan mematikan atau men-disable aplikasi tersebut.

7. Jangan malas update aplikasi

Walau notifikasi update kadang-kadang terasa menyebalkan, teratur mengupdate aplikasi bisa melakukan perbaikan kekeliruan system atau bug pada aplikasi tersebut. Beberapa developer bahkan juga menyediakan feature baru yang dapat mendongkrak performa aplikasi Anda.

Intinya artikel tips kali ini yaitu jangan memaksakan performa smartphone Anda melebihi spesifikasi bawaan pabrik. Selalu ada effek negatif dari sesuatu yang dipaksakan. Semoga bermanfaat
Tag : Android, Gadget
0 Komentar untuk "7 Tips Tingkatkan Kinerja Smartphone Tanpa Rooting"

Back To Top