Ads 970 x 90

Cara Cek Email Masuk di Gmail

Cara Cek Email Masuk di Gmail Cara Cek Email Masuk di Gmail - Gmail adalah layanan email gratis milik google, yang sebelumnya telah kita bahas cara membuat akun emailnya ( baca : cara membuat email gmail ). Sebenarnya ada dua cara yang mendasar untuk mengecek email masuk di Gmail yaitu menggunakan browser dan yang kedua adalah menggunakan mobile app. Saat ini yang akan kita bahas adalah bagaimana cara cek email masuk di Gmail atau dalam istilah lain cek inbox Gmail.

Terkadang kita sering jumpai email konfirmasi dari situs-situs yang kita daftar, sebagai contoh konfirmasi email dari facebook. Bagaimana cara konfirmasi emailnya jika kita sendiri tidak ngerti cara cek email masuk di gmail? Alhasil kita tidak bisa menggunakan fasilitas website tersebut ( facebook ), menambah teman contohnya.

Berikut ini cara wida cek email masuk di gmail

1. Buka website gmail

Buka browser Anda dan ketikkan gmail.com atau www.google.com/gmail maka akan muncul halaman berisi form login.
Cara Cek Email Masuk di Gmail - Buka Website Gmail

2. Login akun gmail

Login menggunakan akun gmail yang Anda miliki. Penulisan alamat email bisa email lengkap, hanya nama email atau huruf besar kecil tidak berpengaruh. Misal inicarawida@gmail.com atau inicarawida saja atau IniCaraWida@gmail.com.
Cara Cek Email Masuk di Gmail - Login Akun Gmail

3. Halaman Gmail

Anda akan di hadapkan pada halaman muka Gmail, oiya sebelum wida jelaskan mengenai bagaimana halaman muka inbox Gmail. Mungkin beberapa dari kita ada yang settingan default bahasanya masih english (inggris). Berikut tutorial cara merubah settingan bahasa menjadi bahasa indonesia.

Kembali ke halaman muka Gmail yaitu berisi kotak masuk "Utama" atau "Primary Inbox". Penjelasan tab "Utama" atau "Primary" berisi tentang email akun konfirmasi, email dari kontak Anda, atau email-email yang dianggap penting oleh Gmail. Tab "Sosial" atau "Social" berisi email pemberitahuan dari sosial media yang terdaftar melalui email ini ( facebook,twitter dll ). Tab "Promosi" atau "Promotion" berisi email promosi / subcribe dari website-website yang Anda daftar menggunakan email ini.
Cara Cek Email Masuk di Gmail - Halaman Gmail

4. Cek email masuk di Gmail

Anda bisa cek email masuk dengan mengklik salah satu judul email yang tertera di kotak masuk. Huruf tebal adalah tanda bahwa email tersebut belum dibaca.
Cara Cek Email Masuk di Gmail - Cek Email Masuk di Gmail

5. Isi pesan email

Bacalah dengan seksama alamat pengirim, isi dan link yang diberikan. Tanda panah kecil ke bawah berfungsi untuk melihat detail mengenai email yang masuk.
Cara Cek Email Masuk di Gmail - Isi Pesan Email

6. Cek Lampiran

Untuk beberapa kasus Anda bisa saja mendapat kiriman file, ditandai dengan adanya icon "klip".
Cara Cek Email Masuk di Gmail - Cek Lampiran

7. Download Lampiran

Periksa bagian bawah email masuk dan geser kursor mouse ke arah file maka akan muncul tanda unduh serta simpan ke Google Drive. Klik unduh maka secara otomatis akan terdownload ke komputer Anda.
Cara Cek Email Masuk di Gmail - Download Lampiran

8. Cek email spam

Untuk beberapa kasus Gmail mendeteksi bahwa beberapa email dianggap spam, jadi jika email tidak masuk di kotak masuk Anda bisa mengeceknya di folder spam. Caranya dengan mengklik menu Selengkapnya disebelah kiri layar dan klik menu Spam. Penjelasan disini sama dengan yang ada di halaman kotak masuk sebelumnya.
cara cek email masuk di gmail - cek email spam

Demikianlah cara wida cek email masuk di Gmail, semoga bermanfaat.

Tips

- Cek email dengan seksama jangan sembarang mengklik link yang terdapat di kotak masuk terutama pada folder spam.
- Jangan lupa logout setelah menggunakan gmail terutama bagi Anda yang online di tempat umum (warnet, kantor, sekolah dll).
Tag : Email, Gmail, Google
2 Komentar untuk "Cara Cek Email Masuk di Gmail"

Masukkan komentar Anda...Check Email Sebelumnya Di sahabatnoah321@gmail.com

tidak dapat melihat fitur masuk dan terkirim

Back To Top